2000 UMKM Di Lombok Siap Go Online Bareng Kominfo | klikaktifis
LOADING

Type to search

Ekonomi

2000 UMKM Di Lombok Siap Go Online Bareng Kominfo

mangkubumi 19/06/2019
Share

Klikaktifis.id РKementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengadakan kegiatan Gerebeg Pasar UMKM Go Online di Lombok 18-29 Juni 2019

Hal ini dilakukan tentu saja untuk membantu pelaku UMKM di Pulau Lombok agar bisa membuka toko online, selain dengan toko / kios yg mereka miliki secara offline. Para relawan atau pandu digital akan mendatangi sejumlah pasar di Lombok Timur dan Kota Mataram untuk  mengajak para pedagang mulai merambah bisnis online.

Gerebeg Pasar UMKM Go Online Lombok dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Perdagangan Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Hj. Selly Andayani, M.Si pada hari Senin, 17 Juni 2019 di aula Kantor Camat Pringgasela, Lombok Timur. 

Dalam sambutannya, Selly menjelaskan mengenai platform digital marketplace milik Pemerintah Provinsi sendiri yang telah berjalan belakangan ini, yakni i-shop, yang bisa digunakan oleh pelalu UMKM di NTB khususnya, yang mana i-shop ini telah terintegrasi dengan jasa logistik seperti PT. POS dan juga perbankan seperti BNI 46. 

Sementara itu Sumarno, Kasubdit pengembangan ekonomi digital, pariwisata, transportasi dan perdagangan, Kominfo. Sumarno sangat mengapresiasi antusias dari masyarakat yang hadir untuk mengikuti persiapan grebeg pasar ini. 

“Masyarakat harus bisa cepat mengikuti perkembangan zaman, jangan sampai didahului oleh orang dari daerah lain, apalagi dari luar negeri” tambahnya. Masyarakat bisa memanfaatkan program ini sehingga dapat lebih mudah berjualan dan meningkatkan omzet penjualannya”, tegasnya.

Selain 2 Narasumber tersebut, hadir juga perwakilan dari Telkom, Fajar Eridiyanto yang menjelaskan mengenai QR Digital payment milik kominfo, yaitu Qren, yg telah menyatukan semua sistem QR yg ada di Indonesia ketika hendak berbelanja secara digital. 

Kemudian ada CEO Berugak Lombok, Supiandi, S.E M.Ec.Dev, yg memaparkan tentang pentingnya para pelaku UMKM untuk mulai menjual produknya secara online dan terakhir hadir Perwakilan dari Shopee Indonesia yg menjelaskan tips dan trik cara berjualan secara online. 

Di NTB, program ‘Grebek Pasar’ ini digelar 18-29 Juni 2019 di enam pasar yakni Pasar Pancor, Pasar Aikmel, Pasar Masbagik, Pasar Pringgabaya, Pasar Mandalika, dan Pasar Kebon Roek.

Dalam program ini, para relawan atau pandu digital diberikan pelatihan khusus (training for trainers) oleh tim Kominfo, sarketplace dan pegiat ekonomi Digital. Setelah pelatihan mereka akan turun langsung ke pasar-pasar untuk membantu para pelaku UMKM untuk melakukan registrasi dan mengelola toko online seperti di shopee dan Buka Lapak, dengan harapan setelah bisa berjualan online, masyarakat bisa lebih banyak pesanan dan meningkatkan pendapatannya sehari-hari.****

Tags:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *