Minta Cek Ijazahnya Di Internet. Aktifis Dukung Cik Ujang Laporkan Demonstran | klikaktifis
LOADING

Type to search

Daerah

Minta Cek Ijazahnya Di Internet. Aktifis Dukung Cik Ujang Laporkan Demonstran

mangkubumi 03/09/2019
Share

Klikaktifis.id – Isu dugaan Ijazah palsu Cik Ujang Bupati Lahat Sumatra selatan terus bergulir jadi isu nasional. Mahasiswa yang menamakan dirinya Koalisi Mahasiswa/Pemuda Peduli Integritas Kampus (KAMPAK) beberapa kali menggelar aksi di kantor Kemenristekdikti RI mendesak Kemenristekdikti mengusut dugaan ijazah palsu Cik Ujang pada 1 dan 23 Agustus 2019

Setelah itu Kemenristekdikti datang ke Universitas Sjakhyakirti Palembang pada 9 – 11 Agustus 2019 untuk menginvestigasi kasus ini. Dan dalam temuannya antara lain bahwa skripsi/tugas akhir dan absensi kuliah mahasiswa atas nama Cik Ujang tidak di temukan (hilang) di perpustakaan.

Kemudian nomor seri ijazah mahasiswa atas nama Cik Ujang yang awalnya tercantum 000 di rubah oleh pihak kampus atas persetujuan rektor di depan penyidik Bareskrim Polri pada tanggal 4 April 2019 saat melakukan penyelidikan di kampus atas laporan dugaan ijazah palsu yang di laporkan Forum Nasional Jurnalis Indonesia (FNJI).

Menanggapi hal ini Bupati Lahat Cik Ujang mengatakan, tuduhan ijazah palsu kepadanya tidak benar adanya. “Silakan di cek ke dikti, daftar kuliahnya kapan, wisudanya kapan, nomor ijazahnya berapa semuanya lengkap ada di internet, silakan di cek ini hanya karena persoalan Pilkada lalu, ada yang tidak senang dengan pak Bupati, ada yang sakit hati dengan pak Bupati sehingga mencari cari persoalan”, sebut Cik Ujang seperti di lansir stasiun berita tv innews Sumsel di Lahad, Selasa (3/9/2019).

Sementara itu Tanjung aktifis Pemuda di Sumatra Selatan mengatakan, kalau Cik Ujang mengatakan isu ijazah palsu ini terkait Pilkada maka itu sudah selesai. Cik Ujang sudah menjabat Bupati tak ada kaitannya lagi.

“Jika Cik Ujang merasa tak bersalah, kami mendukung penuh Cik Ujang melaporkan pihak-pihak (demostran) di Jakarta yang mencemarkan nama baiknya. Cik ujang inikan pemimpin masyarakat Lahat, punya keluarga, sahabat, teman sehingga sebagai pemimpin harus menjaga integritas dan nama baiknya ya”.

“Ayo laporkan Cik Ujang pihak-pihak yang mencemarkan nama baiknya, kami siap mendampingi di Mabes Polri apalagi di Polda Sumsel dan Polres Lahat. Malu jika ini di diamkan saja, masa pemimpin pakai ijazah palsu”, tegas Tanjung.

Di sisi lain Wakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra, Arief Puyono mengatakan, Aparat penegak hukum harus segera memanggil dan memeriksa Bupati Lahat serta pihak kampus yang diduga mengeluarkan ijasah palsu tersebut.

Selain Cik Ujang dan pihak kampus, Puyono juga meminta Polri memeriksa pihak Dikti Wilayah II sebagai pihak yang diduga mengeluarkan ijazah.

“Hal ini sangat penting jangan sampai gelar kesarjanaan palsu digunakan untuk menipu masyarakat dan negara,” kata Puyo sapaan akrabnya di Jakarta, Selasa (3/9).

Hal tersebut disampaikan Puyono menanggapi adanya laporan dugaan ijazah palsu Bupati Lahat. Pihak yang melaporkan kepemilikan dugaan ijazah palsu Cik Ujang adalah Forum Nasional Jurnalis Indonesia. Laporan tersebut diterima pihak kepolisian dan terdaftar dengan nomor: LP/B/0318/III/2019 Bareskrim pada 20 Maret 2019.

Cik Ujang diduga menggunakan ijazah palsu saat mendaftarkan diri sebagai Calon Bupati Lahat pada 2018 silam. Menurut Puyono, KPU Lahat juga tidak boleh diam jika sudah mengetahui adanya dugaan ijazah palsu.

“KPU Lahat harus melaporkan dugaan ijazah palsu ini ke penegak hukum yang berwenang,” pinta Puyono.

Selain itu, Puyono juga meminta Medagri Tjahjo Kumulo segera merespon dugaan kepemilikan ijazah palsu Cik Ujang. Menurutnya, jika ijazah milik Cik Ujang tersebut palsu, maka Mendagri harus menonaktifkan dia sebagai kepala daerah.

“Saya melihat sudah ada contoh kasus seperti ini, jurispendensinya yaitu kasus ijazah palsu Bupati Simalungun, beliau terbukti mengunakan ijazah palsu. Melihat contoh yang ada otoritas negara harus bertindak tegas, agar kepastian hukum di negara ini dapat ditegakan seadil-adilnya,” pungkasnya.****

Tags:

You Might also Like

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *