MPD : Pimpinan KPK Agar Secara Kesatria Mundur Sekarang Juga | klikaktifis
LOADING

Type to search

Hukum

MPD : Pimpinan KPK Agar Secara Kesatria Mundur Sekarang Juga

mangkubumi 23/09/2019
Share

Klikaktifis.id – Untuk kesekian kalinya Masyarakat Penegak Demokrasi (MPD) kembali menggeruduk gedung merah putih Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Senin (23/9/2019). 500 an Masa pemuda dan mahasiswa itu ‘long march’ dari gedung KPK lama menuju gedung merah putih KPK sambil membentangkan spanduk raksasa sepanjang 100 Meter.

MPD meminta pimpinan KPK (Agus Rahardjo, Saut Situmorang, La Ode Syarif) yang telah mengundurkan diri untuk segera keluar dari KPK, mendesak Presiden Jokowi melantik pimpinan KPK yang baru (Firli Bahuri cs) untuk mengisi kekosongan kepemimpinan KPK dengan UU KPK yang baru hasil revisi.

“Percepatan pelantikan pimpinan KPK yang baru jadi sangat mendesak mengingat kekosongan kepemimpinan KPK saat ini berbahaya bagi agenda pemberantasan korupsi. Jadi Agus, saut dan La Ode harus segera keluar, tunggu apa lagi? Jangan gunakan pegawai KPK sebagai tameng untuk memberontak dan melawan UU. Ini negara hukum berdasarkan UU bukan atas mau mau nya pimpinan KPK sendiri dengan atas nama rakyat, rakyat yang mana”, ujar Awaluddin Koordinator Aksi MPD di gedung KPK RI Jakarta, Senin (23/9/2019).

Menurut Awal sapaan akrabnya, secara etika kepemimpinan dan kelembagaan sebagai lembaga negara, pimpinan KPK saat ini sudah sangat tidak layak untuk tetap terus berada di KPK, dimana marwah dan kehormatan jika sudah menyatakan mundur kemudian balik kucing dan kembali mengambil alih kepemimpinan KPK, sebut Awal.

Sementara hal senada di sampaikan Yohana juru bicara Srikandi Milenial yang juga salah satu elemen aksi yang tergabung dalam MPD. Menurut Yohana sungguh tidak bermartabat jika pimpinan KPK saat ini menolak revisi UU KPK dan menggalang opini publik bersama wadah pegawai (WP) KPK untuk memberontak pada sesama lembaga negara pembuat UU seperti DPR RI dan Presiden atas nama pemerintah.

” Pada intinya kami ingin menyelamatkan KPK dan agenda pemberantasan korupsi sesuai mandat reformasi dengan tegas meminta pada pimpinan KPK dan Pegawai KPK yang melawan perintah UU untuk secara kesatria mundur dari KPK dalam tempo yang sesingkat-singkatnya atau mundur sekarang juga dan Presiden Jokowi agar segera lantik pimpinan KPK baru “, tegas Yohana.****

Tags:

You Might also Like

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *