Sebut Nama Fadel 5 Kali Dalam Putusan MA, KPK Di Desak Ambil Kasus Alkes Gorontalo | klikaktifis
LOADING

Type to search

Hukum

Sebut Nama Fadel 5 Kali Dalam Putusan MA, KPK Di Desak Ambil Kasus Alkes Gorontalo

mangkubumi 06/09/2019
Share

Klikaktifis.id – Komite Milenial Anti Korupsi (KOMIK) menggelar konferensi pers di kawasan Kuningan Jakarta Selatan, Jumat (6/9/2019). Para aktifis milenial ini mendesak agar Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) segera mengambil alih kasus dugaan korupsi alat kesehatan (alkes) dari Kejaksaan Tinggi (Kejati) Gorontalo pada dinas kesehatan provinsi Gorontalo tahun 2004 yag melibatkan gubernur Gorontalo saat kasus ini terjadi yaitu Fadel Muhammad.

“KPK telah turun ke Kejati Gorontalo pada 28 Maret 2019 lalu untuk mensupervisi kasus alkes yang telah di mulai di sidik Kejati sejak tahun 2012. Tidak cukup KPK hanya melakukan supervisi saja pada kasus alkes yang melibatkan Fadel Muhammad ini, KPK langsung saja mengambil alih kasus ini karena kasus ini melibatkan Fadel yang mantan Gubernur dan Menteri sehingga menarik perhatian publik secara nasional”, tegas Agus L dalam jumpa pers di Jakarta Selatan, Jumat (6/9/2019).

Seperti di ketahui, dugaan Korupsi  pengadaan alkes pada 2004 senilai Rp 7,9 miliar itu pelaksana proyek Richard, telah dijebloskan ke penjara dengan vonis empat tahun penjara. Kemudian mantan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo, Thamrin Podungge telah di vonis Mahkamah Agung (MA) 5 tahun penjara.

Menurut Agus, proses hukum terhadap kasus korupsi alkes ini sudah memvonis ‘inkracht’ terhadap beberapa orang yang terlibat seperti Richard dan Podungge (Thamrin) sehingga tidak sulit bagi KPK untuk menelisik dugaan peran, keterlibatan Fadel sebagai Gubernur saat itu dalam kasus ini.

“Kasus ini sudah berjalan hampir 8 tahun, sudah sangat lama maka sudah sangat layak dan sudah wajib hukumnya KPK segera ambil alih kasus Alkes ini dari Kejati Gorontalo apalagi dalam petikan putusan Mahkamah Agung (MA) itu nama Fadel di sebut-sebut sampai 5 kali”, tegas Agus.

Tags:

You Might also Like

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *